Apa sih Mindfulness itu???

Mindfulness
Kita semua terkadang terjebak dalam hiruk pikuk kehidupan, dan mudah sekali untuk terburu-buru melewatinya tanpa banyak memperhatikan. Namun, meluangkan waktu sejenak untuk berhenti dan memperhatikan momen saat ini – pada pikiran dan perasaan Anda sendiri, dan pada dunia di sekitar Anda – benar-benar dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Beberapa orang menyebut kesadaran ini sebagai “perhatian”. Kesadaran dapat membantu kita lebih menikmati hidup dan memahami diri sendiri dengan lebih baik. Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengembangkannya dalam kehidupan Anda sendiri.

Jadi, apa itu mindfulness?
Mindfulness adalah tentang memperhatikan apa yang terjadi di dalam dan di luar diri kita, saat demi saat. Sangat mudah untuk berhenti memperhatikan dunia di sekitar kita! Kita juga mudah kehilangan kontak dengan apa yang tubuh kita rasakan dan akhirnya hidup “di dalam kepala” – terjebak dalam pikiran kita tanpa berhenti untuk memperhatikan bagaimana pikiran-pikiran itu mendorong emosi dan perilaku kita.

Bagian penting dari perhatian penuh adalah terhubung kembali dengan tubuh kita dan sensasi yang mereka alami. Ini berarti memperhatikan pemandangan, suara, bau, dan rasa pada saat ini. Hal ini mungkin sesederhana seperti merasakan pegangan tangga saat kita berjalan ke atas. Bagian penting lainnya dari perhatian penuh adalah kesadaran akan pikiran dan perasaan kita saat mereka terjadi dari waktu ke waktu.

Bagaimana mindfulness membantu kesejahteraan mental?
Menjadi lebih sadar akan momen saat ini dapat membantu kita lebih menikmati dunia di sekitar kita dan memahami diri kita dengan lebih baik. Ketika kita menjadi lebih sadar akan momen saat ini, kita mulai menghargai hal-hal yang selama ini kita anggap remeh.

“Hal yang luar biasa dari mindfulness adalah membantu kita menjadi lebih sadar akan cara kerja pikiran, emosi, dan tubuh kita.”

Bagaimana cara mempraktikkan mindfulness?
Mindfulness tersedia bagi kita setiap saat, baik melalui meditasi dan pemindaian tubuh, atau praktik momen penuh perhatian seperti meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dan bernapas saat telepon berdering alih-alih terburu-buru menjawabnya.

 

Open chat
Hello 👋
Can we help you?